Dari Museum Seni sampai Super Komputer. Ada apa saja di Origin-nya Dan Brown?

Kekuatan deskripsinya, formula menulisnya, plot putus-putusnya, twist pada bagian ending, kontroversi nilai yang dibawanya adalah sebagian hal yang membuat saya mungkin jadi suka pada karya-karya Dan Brown. Hampir semua novelnya saya baca paling engga 2x, beberapa pernah baca versi bahasa inggrisnya (walau seringnya beli doang, bacanya engga sampai selesai).

Dan semalam saya baru saja selesai baca novelnya yang terakhir. Judulnya “Origin“. Terbitan 3 Oktober 2017. Butuh waktu sekitar 2-3 hari untuk nyelesaiin, karena saya sambil googling-googling dulu lokasi atau karya seni yang ada di novel tersebut.

**

Darimanakah manusia berasal? 
Kemanakah kita akan pergi selanjutnya?

Dua pertanyaan ini adalah pertanyaan fundamental yang paling sering diajukan oleh manusia. Dua pertanyaan inilah yang akan menjadi konflik dan perdebatan dalam Novel ini. Dalam novel ini kaum agamis tentu saja menjawab dua pertanyaan itu dengan satu jawaban yaitu Tuhan. Namun bagaimana bila teknologi membuktikan kalau ternyata jawaban itu salah?

Seolah agak menantang keimanan ya? Padahal engga sih, biasa aja. 

Tapi saya tidak akan membahas konten atau cerita novel ini, karena takut spoiler. Tapi percayalah novel ini bagus dan sangat recommended.

Lalu, sebenernya tadi mau bikin review yang judulnya “Mengapa tech-savvy atau startup founder harus baca Origin – Dan Brown?“, biar masih se-genre gitu dengan tulisan-tulisan saya tentang bisnis atau startup. Tapi engga jadi, susah menulis tema seperti itu tanpa membahas kontennya. Akhirnya di sini saya cuma menulis situs-situs atau landmark, karya-karya seni dan teknologi-teknologi asli apa saja yang di mention di novel ini. Mumpung hasil googling-googlingannya belum terlalu jauh ketumpuk.

**

Situs/Landmark apa aja yang ada di Origin-Dan Brown?

Setting novel ini terjadi di Spanyol: di Kota-kota Bilbao, Madrid, Seville, dan mayoritas Barcelona. Budapest dan Dubai juga ada sekilas, tapi tidak saya tulis di sini. Situs-situs cantik yang tergambar dalam novel ini antara lain:

1. Abbey of Montserrat di Catalonia

Santa Maria de Montserrat
Perpustakaan Montserrat Abbey

2. Guggenheim Museum di Bilbao

Museum seni moderen dan kontemporer ini di desain oleh Frank Gehry dan diresmikan oleh King Juan Carlos I pada 18 October 1997.

The Guggenheim Museum

3. Cathedral of Palmar de Troya

Gereja Palmarian

4. Istana dan Kediaman Resmi Kerajaan Spanyol

Ada dua kediaman yang disebut dalam novel ini. Pertama adalah Royal Palace of Madrid. Ini adalah kediaman resmi, namun umumnya hanya digunakan untuk kegiatan dan upacara resmi saja. Yang kedua: Palacio de la Zarzuela adalah kediaman keluarga kerajaan sehari-hari, berlokasi diluar kota Madrid.

Royal Palace of Madrid
Palacio de la Zarzuela

5.  Arsitektur Karya Antoni Gaudi

Ada dua karya arsitek Antoni Gaudi yang di ceritakan pada novel ini. Pertama, The Basílica i Temple Expiatori de la Sagrada Família adalah sebuah Gereja Katolik Roman terbesar yang belum selesai dibangun (mulai dibangun tahun 1882). Yang Kedua, Casa Milà atau populer disebut  La Pedrera adalah bangunan private recidence moderen yang dibangun pada tahun 1906-1912.

The Basílica i Temple Expiatori de la Sagrada Família
Gaudi – Casa Milà
Ilustrasi La Perera Casa Mila (Biar kelihatan utuh dan uniknya)

6. Centro Nacional de Supercomputación

Atau disebut Barcelona Supercomputing Center (BSC) adalah pusat riset milik pemerintah yang berlokasi di Barcelona, Spanyol.

Barcelona Supercomputing Center (BSC)

7. Montjuic Cable Cars

Montjuïc Cable Car adalah is a gondola atau kereta gantung di Barcelona. Gondola ini menghubungkan Montjuïc Park dan Montjuïc Hill dan diujungnya ada Montjuïc Castle.

Montjuic Cable Cars

Karya Seni apa saja yang ada pada Origin-Dan Brown?

Bagian seni ini tadinya saya ragu untuk menulisnya. Karena kalau ada yang saya tidak suka dari Origin adalah cara seni dituliskan di sini.

Kalau kamu pernah baca novel Dan Brown sebelumnya, yang biasa ia angkat adalah classical art yang syarat simbol, namun pada bukunya kali ini ia justru banyak mengangkat modern art. Saya bisa memahami bahwa karakter Robert Langdon pada novel ini (dan mungkin juga Dan Brown) tidak terlalu suka pada modern art, sehingga berdampak pada penulisan deskripsi dan visualisasi yang ditampilkan.

Pun demikian saya tetap tuliskan beberapa diantaranya:

1. Paul Gauguin – D’où Venons Nous / Que Sommes Nous / Où Allons Nous

Where Do We Come From? What Are We? Where Are We Going?” Dalam konteks yang lebih luas, karya Paul Gauguin inilah yang akan dibahas secara detail dalam novel ini.

Paul Gauguin – D’où Venons Nous / Que Sommes Nous / Où Allons Nous

2. Joan Miró self-portrait

Walaupun tidak ada secara langsung, tapi karya inspirasi Joan Miró ini cukup berperan penting dalam novel

3. Richard Serra – The Matter of Time

Richard Serra – The Matter of Time

4. William Blake – The Ancient of Days

William Blake – The Ancient of Days

Teknologi dan Sains apa saja yang di sebut pada Origin-Dan Brown?

1. Artificial Intelligence (AI)

AI adalah kemampuan dari sebuah komputer untuk berfikir seperti manusia bahkan (mungkin) lebih baik dibandingkan manusia . Dalam bahasa Indonesia Artificial Inteligence atau AI artinya Kecerdasan Buatan , biasanya sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi.

Ilustrasi AI

2. Autonomus Vehicle: Tesla X P90D

Inilah penjelasan Tesla X menurut web aslinya: Model X is the safest, quickest, and most capable sport utility vehicle in history. Designed as a family car without compromise, Model X comes standard with all-wheel drive, ample seating for up to seven adults, standard active safety features, and up to 295 miles of range on a single charge. And it’s the quickest SUV in production, capable of accelerating from zero to 60 miles per hour in 2.9 seconds.

Video Tesla Model X P90D:

3. Miller–Urey experiment

Adalah percobaan yang menyimulasikan keadaan Bumi purba dan menguji terjadinya abiogenesis (studi tentang munculnya kehidupan biologis terjadi karena reaksi alami atau fisika dari materi-materi anorganik).

Miller-Urey Experiment

4. D-Wave Quantum Computer

D-Wave

5. MareNostrum – SuperComputer

MareNostrum adalah nama dari supercomputer utama yang ada di Barcelona Supercomputing Center (BSC).

MareNostrum – SuperComputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *